Rabu, 05 Desember 2012

Menurunkan Kolestrol


Salah satu hal yang bisa menjadi instrumen untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah ialah dengan banyak mengonsumsi anti-oksidan yang banyak terdapat dalam buah-buahan, salah satunya ialah buah Manggis.


Dari berbagai penelitian yang dilakukan, ternyata buah Manggis mengandung zat anti-oksidan yang tinggi dibandingkan buah atau sumber makanan yang lainnya. Salah satunya penelitian yang telah dilakukan oleh Dr Indah Yuliasih dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyebutkan bahwa kulit buah Manggis berkhasiat untuk anti-kanker, menghambat proses penuaan, melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol. Hasil penelitian lainnya yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Dachriyanus dari Jurusan Farmasi Universitas Andalas, Padang, menunjukkan bahwa ekstrak kulit Manggis mampu menurunkan kadar kolesterol.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah mengapa ekstrak kulit manggis mampu menurunkan kadar kolesterol? Apakah hubungan senyawa yang dikandung dalam kulit manggis dengan kolesterol?

3 komentar:

  1. Ekstrak kulit manggis diketahui mengandung zat aktif Xanthone.
    Kulit manggis ini kaya dengan zat yang disebut xanthone, yang nyaris tak ditemukan pada buah lain. Selain itu, kulit manggis juga mengadung katekin, potasium, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6, yang juga amat dibutuhkan tubuh. Xanthone itu bisa menjadi pelindung sel pada proses penuaan atau perusakan oleh radikal bebas. Sifat antioksidannya melebihi vitamin E dan C. Karena itu, ia berperan sebagai antilelah, anti-inflamasi, anti-penuaan, antiparkinson, antialergi, dan membantu tubuh menurunkan gula darah, tekanan darah, kolesterol darah, serta melindungi jantung, mencegah kebutaan, dan mencegah infeksi oleh bakteri, virus, dan jamur. Pada tahun 2002 ditemukan fakta bahwa xanthone efektif menghambat kanker hati, lambung, paru, dan payudara.


    Xanthone mampu menurunkan kadar kolesterol total darah. Hasil pengujian dr. Purwati, seorang dokter di Jakarta, menunjukkan, kolesterol rata-rata 7 pasiennya 201,85 mg/dl sebelum mengonsumsi ekstrak kulit buah manggis. Tapi setelahnya turun menjadi 176,86. Normalnya <200. Dalam hal ini, xanthone berhasil menormalkan kadar kolesterol pasien, seperti terlihat pada tabel. Pengaruhnya semakin nyata pada kadar trigliserida. Sebelum mengonsumsi ekstrak itu, trigliserida rata-rata mereka 245,43. Setelah mengonsumsi turun menjadi 112,29. Padahal, normalnya hanya <150 mg/dl.

    BalasHapus
  2. Ekstrak kulit manggis merupakan Obat kolesterol tinggi ,buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mampu menurunkan tingkat kolesterol tinggi di dalam darah. Ekstrak kulit manggis ini merupakan obat kolesterol tinggi tradisional yang telah teruji secara klinis dan penelitian terkini membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan tinggi yaitu Xanthone yang melebihi vitamin E dan vitamin C. Xanthone memiliki sifat antioksidan. Juga memiliki sifat antitrombotik dan antiplatelet. Xanthone mampu menghambat oksidasi LDL-kolesterol, prostaglandin E2, cyclooxygenases-1, dan cyclooxygenases-2 yang merupakan faktor kunci saat terjadi inflamasi atau peradangan. Aktivitas xanthone memberi efek vasorelaksasi yang memperlebar pembuluh darah dan memperlancar aliran darah. Selain itu juga xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosit. Xanthone dapat memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. kulit manggis yang mengandung xamthone mampu mencegah dan mengobati penyakit stroke, jantung dan penyakit degeneratif lainnya yang diakibatkan tingkat kolesterol tinggi.

    BalasHapus
  3. Online research is changing so fast you can hardly keep up. And if your work depends on providing market research and insight, that could be a challenge. You need to find the brightest, sharpest cutting edge solutions. That's why we're here. You need a finished product, not half the story. We have a highly experienced team with the skills in business analysis, programming and project management to give our clients customised solutions. What you want, when and how you need it. Simple.
    Global Lignin Market

    BalasHapus