Rabu, 31 Oktober 2012

Turunan Steroid


Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam kolesterol terdapat senyawa kimia, salah satunya adalah setroid. Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana jenuh[1] (bahasa Inggris: saturated tetracyclic hydrocarbon : 1,2 cyclopentanoperhydrophenanthrene) dengan 17 atom karbon dan 4 cincin.[2] Senyawa yang termasuk turunan steroid, misalnya kolesterol, ergosterol, progesteron, dan estrogen. Pada umumnya steroid berfungsi sebagai hormon. Steroid mempunyai struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana.  Semua steroid dibuat di dalam sel dengan bahan baku berupa lemak sterol, baik berupa lanosterol pada hewan atau fungsi, maupun berupa sikloartenol pada tumbuhan. Kolesterol adalah jenis lain lemak sterol yang umum dijumpai.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/11/Steroid_numbering.png/300px-Steroid_numbering.png

Beberapa steroid bersifat anabolik, antara lain testosteron, metandienon, nandrolon dekanoat, 4-androstena-3 17-dion. Steroid anabolik dapat mengakibatkan sejumlah efek samping yang berbahaya, seperti menurunkan rasio lipoprotein densitas tinggi, yang berguna bagi jantung, menurunkan rasio lipoprotein densitas rendah, stimulasi tumor prostat, kelainan koagulasi dan gangguan hati, kebotakan, menebalnya rambut, tumbuhnya jerawat dan timbulnya payudara pada pria. Secara fisiologi, steroid anabolik dapat membuat seseorang menjadi agresif.


Bagaimanakah peranan steroid ini sehingga dapat membuat seseorang menjadi agresif? Dan berdasarkan penomoran atom C pada struktur steroid dalam penyusun kolesterol, atom C mana yang bersifat aktif yang dapat membuat seseorang menjadi agresif?..... Balassss.....


5 komentar:

  1. Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana jenuh dengan 17 atom karbon dan 4 cincin. Pada umunya steroid berfungsi sebagai hormon . sehingga steroid ini dapat membuat seseorang menjadi agresif. Senyawa yang termasuk turunan steroid, misalnya kolesterol, ergosterol, progesteron, danestrogen.. Steroid mempunyai struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincinsiklopentana. Perbedaan jenis steroid yang satu dengan steroid yang lain terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh ke-empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin. Lemak sterol adalah bentuk khusus dari steroid dengan rumus bangun diturunkan dari kolestana dilengkapi gugus hidroksil pada atom C-3, banyak ditemukan pada tanaman, hewan dan fungsi. Semua steroid dibuat di dalam sel dengan bahan baku berupa lemak sterol, baik berupa lanosterol pada hewan atau fungsi, maupun berupa sikloartenol pada tumbuhan. Kolesterol yang merupakan salah satu turunan dari steroid ini mempunyai ikatan rangkap dua.

    BalasHapus
  2. Steroid berfungsi sebagai hormon . sehingga steroid ini dapat membuat seseorang menjadi agresif.
    berdasarkan penomoran atom c yang bersifat aktif yaitu pada atom c-3, dimana lemak sterol itu adalah bentuk khusus dari steroid yang diturunkan dari kolestena dilengkapi gugus hidroksil.

    BalasHapus
  3. Pada umunya steroid berfungsi sebagai hormon. Steroid mempunyai struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana. Perbedaan jenis steroid yang satu dengan steroid yang lain terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh ke-empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin.

    Lemak sterol adalah bentuk khusus dari steroid dengan rumus bangun diturunkan dari kolestana dilengkapi gugus hidroksil pada atom C-3(atom c-3 inilah yang bersifat aktif yang membuat seseorang bersifat agresif).

    BalasHapus
  4. gaggia titanium : www.titanium-arts.com
    gaggia Titanium titanium dab tool - 2021 ford escape titanium hybrid The World's most popular gold and mortar recipe. Made from pure gold ore, titanium mens wedding band it has a unique flavor and is made with a variety of Ingredients: Ground, Natural White titanium trim hair cutter Marble, titanium trimmer as seen on tv Red

    BalasHapus